Tips Agar Taman Bebas Dari Hama Serangga

Taman yang dihinggapi banyak serangga tentu mengganggu dekorasi taman. Terlebih apabila posisi taman terdapat pada depan rumah, sehingga membuat taman tidak enak dilihat, belum lagi apabila ditambah hama-hama dari parasit lain.

Taman sebagai dekorasi tambahan eksterior sebuah rumah perlu memiliki perawatan dan kebersihan yang layak. Adapun jenis tanaman pengusir serangga yakni antara lain, bunga lavender, serai wangi, geranium, catnip, hingga rosemary.

Namun, pada bahasan kali ini, adalah tanaman pemakan serangga yang memiliki tingkat pengurangan hama lebih akurat dibandingkan dengan tanaman pengusir hama.

Venus Flytrap

How Venus flytraps evolved their taste for meat | Science | AAAS

Venus flytrap adalah tanaman yang cukup populer dalam meminimalisir adanya serangga pada taman. Pada dasarnya, venus flytrap adaah jenis tumbuhan karnivora pemakan serangga. Cara kerja tanaman venus flytrap adalah dengan cara mengeluarkan lendir di sudut bagian ujung daun hijaunya, hal ini berguna untuk menarik serangga.

Serangga-serangga yang terjebak pada daun venus flytrap, akan mengatup dengan cara menyerap nitrogen yang ada pada daun. Sebagian besar jenis serangga yang paling sering dimakan adalah lalat. Venus flytrap memiiki ukuran yang tidak cukup besar sehingga dapat ditata pada pot untuk dekorasi taman.

Kantong Semar

Kantong Semar - IlmuGeografi.com

Kantong semar merupakan tanaman pemakan serangga paling populer yang sudah banyak dikenal. Tanaman ini memiliki tinggi tidak lebih dari 30cm, ukuran yang minimalis ini dapat mempercantik dekorasi eksterior taman Anda karena bisa ditata dalam pot yang cantik.

Cara kerja tanaman kantong semar adalah dengan mengeluarkan bau manis dari kantong daun untuk menarik para serangga. Serangga yang terperangkap masuk akan mati karena kantong semar mengeluarkan enzim yang mematikan bagi serangga.

Kincir Air

Bernyali Besar? Coba Pegang 7 Tumbuhan Paling Ganas Di Dunia Ini

Baca juga : Tips Memilih Tanaman Indoor

Tanaman kincir air berkategori sama dengan eceng gondok dan tanaman air lainnya. Kincir air hidup dan mengapung di air. Seperti namanya, ia memiliki kontur menyerupai kincir air yang mengapung.

Cara memangsanya cukup unik ia memiliki batang yang berisi udara dan pada bagian ujungnya terdapat lubang sebagai jalur masuk serangga. Dalam hitungan 10 detik saja, tumbuhan ini akan menutupi bagian batangnya sehingga serangga terperangkap.

Lily Cobra

Lily kobra memiliki kontur tanaman yang menyerupai kepala kobra dengan daun yang menjuntai di ujung seperti lidah ular. Tanaman ini dapat memiliki tinggi hingga 60sentimeter. Cara kerja lily cobra hampir sama dengan tanaman pemakan serangga lainnya yakni dengan cara mengeluarkan bau harum dari kantong yang dimilikinya. Sehingga serangga akan masuk, dan katup akan tertutup, serangga pun terjebak didalam.

Butterwort

Full size picture of Butterwort (Pinguicula esseriana) | Insect ...

Tanaman ini memiliki wujud yang cantik meyerupai kelopak-kelopak bunga yang bermekaran. Namun, butterwort memiliki cairan lengket di sekitar daunnya sebagai perangkap untuk para serangga. Makanan kesukaan butterwort adalah semut, tanaman ini cocok apabila diletakkan di sekitar dapur

Butterwort merupakan salah satu tumbuhan pemakan serangga yang memiliki satu bunga pada periode tertentu. Pada umumnya, daun butterwort berwarna hijau cerah, tapi beberapa tumbuh dengan semburat warna merah.

Jadi bagaimana, berpikiran untuk menggunakan tanaman pemakan serangga untuk mengurangi serangga di rumah? Tenang saja, tanaman ini tidak membahayakan bagi manusia kok.

Editor : Bella Marusare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *