Cat Tembok Atau Wallpaper Berikut Kelebihan Dan Kekurangannya

Pilih Cat Tembok Atau Wallpaper? Berikut Kurang Lebihnya

Ketika melakukan proses pembangunan rumah tentu si pemilik akan dihadapkan dengan pemikiran akan menggunakan cat tembok atau wallpaper sebagai penghias tembok/dinding pada rumah tersebut.  Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing dalam penggunaanya. Maka dari itu berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan cat dan wallpaper dalam penggunaan dan jangka panjang :

rumahdiy.com

Baca Juga : Tips Desain Interior Ruang Tamu Minimalis

1.  Proses Pemasangan Cat Tembok Dan Wallpaper

Dilihat dari proses pemasangannya, keduanya antara cat dengan wallpaper memiliki perbedaan yang sangat jelas. Pemasangan wallpaper cukup menempelkannya ke tembok/dinding dan merekatkannya dengan lem. Sedangkan jika menggunakan cat, sebelum menggunakan warna cat yang dipilih tentu harus mengecat tembok tersebut dengan warna dasar agar dapat mendapatkan hasil yang baik.

Proses pengeringan cat juga cukup lama. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa untuk kecepatan pemasangan jelas lebih cepat wallpaper ketimbang cat, hal ini disebabkan proses pemasangan wallpaper yang mana hanya cukup menggunakan lem perekat, terlebih jika menggunakan wallpaper dapat menyembunyikan lubang atau retakan pada tembok.

99.blog

2.  Selera

Selera tentu menentukan apakah yang digunakan adalah wallpaper atau cat. Ciri khas wallpaper adalah bervariasinya gambar motif yang dibuat dengan berbagai warna yang diinginkan sehingga tidak monoton, sedangkan cat merupakan warna yang polosan yang memiliki kesan kalem dan menenangkan walaupun dalam satu tembok dapat dipadukan beberapa cat lainnya.

Biasanya ada pengrajin cat tembok yang memiliki roll kuas yang bermotif, sehingga cat tembok juga dapat digunakan apabila menginginkan motif dari material cat, namun pengrajin motif cat jarang kita temui.

3.  Harga Cat Tembok Dan Wallpaper

Dilihat dari sudut pandang harga, wallpaper dihitung berdasarkan banyak roll, sedangkan cat berdasarkan jumlah kaleng dalam hitungan satuan liter.

Umumnya harga wallpaper yang ditemukan sejumlah Rp100.000 hingga Rp500.000 /roll tergantung dari kualitas wallpaper tersebut.  Berbeda dengan cat , biasanya kaleng cat tembok dengan ukuran 2,5 liter memiliki rentang harga kisaran Rp150.000 hingga Rp350.000 tergantung merk/brand yang digunakan.

Namun dari harga umum tersebut, kembali lagi dari brand/merk yang digunakan berdasarkan kuantitas, kualitas dan ketahanan produk. Tentu semakin baik produknya harganya pun akan semakin mahal.

Baca Juga : Pesona Masjid Taj Mahal di Indonesia

4.  Ketahanan

Membandingkan ketahanan antara keduanya, jika wallpaper dapat menyembunyikan lubang atau pun retakan pada tembok namun jika seputar kelembapan, cat lebih baik ketimbang wallpaper, walaupun keduanya berpeluang merembes jika mendapatkan tembok yang sering kebasahan air.

Dilihat dari jangka waktu ketahanannya, daya tahan cat lebih rendah ketimbang wallpaper serta lebih mudah untuk pudar. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa jika pemasangan wallpaper dengan benar, wallpaper yang berkualitas baik dapat bertahan hingga 10 tahun. Namun perkembangan teknologi saat ini telah membuat berbagai jenis model cat, misal seperti cat anti-air, anti-noda dan semacamnya, yang dapat disandingkan dengan kelebihan penggunaan wallpaper.

5.  Perawatan

Proses perawatan pada cat dan wallpaper tidak begitu berbeda, jika suatu saat keduanya terkena noda yang menempel pada tembok maka membersihkannya cukup hanya dengan spons atau busa yang sedikit basah, namun terkhusus pada wallpaper hati hati dalam melakukan pembersihannya, hal ini dikarenakan wallpaper rentan robek atau tergores. Jika pembersihan tidak dapat dilakukan maka hal terakhir yang dapat dilakukan adalah mengganti wallpaper baru ataupun mengecat kembali dengan cat yang sama.


Berikut kekurangan dan kelebihan penggunaan Cat atau Wallpaper


One Reply to “Pilih Cat Tembok Atau Wallpaper? Berikut Kurang Lebihnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *