10 Ide Tanaman Gantung untuk Menambah Keasrian Rumah

Pengen punya tanaman tapi nggak punya cukup lahan untuk bangun taman? Tenang aja, sekarang kamu bisa terapkan tanaman gantung di rumahmu meskipun nggak ada ruangan. Dinding kosongmu bisa kamu gunakan untuk pajang tanaman-tanaman gantung kesukaanmu. Simak 10 ide tanaman gantung berikut untuk menambah keasrian rumah kamu.

Baca juga : Tips Memilih Tanaman Indoor

  • Desain tanaman gantung pada dinding dengan posisi terbalik. Rancangan desain satu ini antimainstream banget ya. Kamu bisa balik tanaman dalam pot kamu dalam kondisi tergantung. Tenang aja gak usah takut tanahnya mengotori lantai kamu karena sebelum dibalikkan, tanahnya dipadatkan dahulu menyesuaikan ukuran pot.
  • Adapun tanaman gantung tunggal yang dipasang menggunakan tali dikaitkan pada kayu yang tertempel pada dinding. Pot gantung seperti ini cocok diisi dengan tanaman yang mekar atau menjuntai tetapi juga tidak terlalu rimbun.

Baca juga : Tips Memilih Tanaman Indoor

  • Tanaman gantung di langit-langit rumah. Model tanaman gantung seperti ini cocok diletakkan di teras rumah. Pemilihan rangka pot juga perlu diperhatikan secara detail, disesuaikan dengan warna dan ukuran dinding.
  • Pilihan pot tidak melulu harus bundar dan kotak. Kamu bisa kembangkan kreatifitasmu pada bentuk pot yang lucu-lucu. Desain pot gantung seperti ini menambah keindahan sekaligus kesegaran dalam rumah.

Baca juga : Tips Desain Taman Vertikal Pada Rumah Anda

  • Kamu bisa hias pot polosmu menjadi pot gantung yang bervariasi warna dan desain. Cukup dengan poles-poles warna menggunakan kuas di seluruh bagian pot, kamu bisa ciptakan desain tanaman gantung yang berseni.
  • Wah, kalo ini serem-serem gimana gitu ya. Tapi justru benda-benda seperti ini jadi benda antik yang beberapa orang koleksi. Pot model seperti cocok dipadukan dengan tanaman kaktus karena apabila diisi dengan tanaman yang mekar dan merambat, desain pot yang unik itu malah tidak kelihatan.

Baca juga : Tips Merawat Kolam Renang di Rumah

  • Walau tidak menggunakan pot, kamu bisa gunakan tali goni yang membentuk wadah. Pot ini sekaligus tersambung dengan tali pengait yang ada di dinding. Warna yang dimiliki tali goni juga tidak mencolok, cenderung pada warna kalem dan pastel.
  • Selain pot dari tanah liat dan pot dari tali goni, ide desain tanaman gantung satu ini berasal dari pot kaca yang diisi dengan tanah humus beserta batu hias kerikil kecil-kecil. Desain seperti ini memberikan kesan aquaria karena tampak secara transparan komposisi tanah di dalamnya.
  • Ide berikutnya adalah bukan lagi menggunakan pot, melainkan dari botol-botol kaca yang digantung dengan tali goni pada kayu di tembok. Pilihan desain tanaman gantung seperti ini diperuntukkan bagi tanaman hidroponik saja. Terlihat estetis dan menggemaskan, bukan?

Baca juga : Tips Merawat Furniture dari Kayu Agar Tidak Mudah Keropos

  • Wah, cantik sekali kan desain tanaman gantung menggunakan bohlam ini? Kalo punya bohlam bekas jangan keburu dibuang! Kamu bisa dekorasikan jadi pot yang diisi tanaman berbunga. Tinggal tambahin tali pengait kemudian pajang deh!

Itulah 10 ide tanaman gantung yang bisa bikin rumahmu makin asri, kece dan estetik. Banyak cara untuk ciptakan rumahmu jadi asri dan itu gak hanya lewat pot bunga saja. Bisa dari tali goni, botol bekas, bohlam bekas, semua tergantung selera dan kreatifitas kamu!

Editor : Bella Marusare

One Reply to “10 Ide Tanaman Gantung untuk Menambah Keasrian Rumah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *