desain kamar mandi minimalis kecil

7 Tips Desain Kamar Mandi Minimalis Keren

Kamar mandi memiliki fungsi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sadar tidak sadar, kamar mandi juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain kamar tidur, kamar mandi juga menjadi salah satu ruangan yang paling sering digunakan. Tentu saja desain kamar mandi harus diperhatikan dengan seksama, apalagi jika kamar mandi yang Anda miliki berukuran kecil.

Kamar mandi kecil ini tetap bisa disulap menjadi sebuah ruangan yang nyaman untuk Anda. Tanpa perlu biaya yang tinggi Anda tetap bisa mewujudkan kamar mandi nyaman dengan budget minimalis. Berikut adalah tips desain kamar mandi kecil minimalis yang bisa Anda tiru.

1. Pasang shower head

Desain Kamar Mandi Minimalis Kecil
via constructionreviewonline.com

Zaman sekarang shower memiliki banyak model, solusi untuk ukuran kamar mandi mungil adalah dengan memasang shower head tanpa selang. Shower yang dipasang di langit-langit ini akan membuat kamar mandi terlihat lebih luas sekaligus modern. Ditambah lagi, akan lebih irit tempat pula dibandingkan shower pada umumnya.

Shower head tanpa selang juga otomatis membuat kamar mandi terlihat clean dan rapih. Tapi jangan lupa untuk memberi sekat di area shower ya, Anda tetap harus memisahkan area kering dan basah. Carilah partisi yang sesuai dengan keseluruhan konsep desain kamar mandi Anda.

2. Formasi shower, toilet, dan wastafel

via @fromitaly

Berhubung luas ruangan yang terbatas Anda harus pintar-pintar menyiasati formasi peralatan kamar mandi. Formasi paling simpel adalah dengan menaruh shower, toilet, dan wastafel di satu garis lurus. Hal ini juga memudahkan pengaturan saluran air bersih dan air kotor.

Jangan lupa untuk membatasi shower dengan sekat, pilih sekat pemisah ruangan yang sederhana. Misalnya dengan menambahkan kaca di antara shower dengan toilet atau wastafel. Anda juga bisa menambahkan rak handuk sederhana di balik pintu atau tempelkan gantungan di balik pintu.

3. Pilih maksimal dua warna utama

Desain Kamar Mandi Minimalis Kecil
via @stevenungermann

Pemilihan warna yang salah bisa membuat ruangan kecil terlihat semakin sempit. Hal ini juga bisa terjadi saat Anda salah memilih warna untuk kamar mandi. Sebenarnya pemilihan warna kamar mandi ini tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu memilih dua warna utama saja.

Tidak ada salahnya bermain aman menggunakan warna basic seperti putih, hitam, atau cokelat. Ketiga warna ini bisa membuat kamar mandi terlihat bersih, nyaman, dengan kesan luas. Jika ingin menambahkan warna lain, Anda bisa menaruh dekorasi sederhana dengan warna pop. Misalnya dengan menambahkan botol sabun dengan warna kuning atau tosca atau emas untuk kesan mewah.

Baca ini juga: Inspirasi Desain Gorden Minimalis Keren Masa Kini!

4. Batu alam untuk kesan natural

via @jareddrice

Walaupun ukurannya kecil bukan berarti kamar mandi tidak bisa dibuat nyaman. Salah satu cara desain kamar mandi paling mudah adalah dengan menambahkan akses batu alam di kamar mandi. Tidak perlu semua bagian, pilihlah satu sisi yang akan dipasang batu alam.

Batu alam ini memberikan kesan natural sekaligus membuat pusat perhatian. Orang akan lupa dengan sempitnya kamar Anda karena batu alam. Selain itu perawatan batu alam di kamar mandi juga terbilang lebih mudah. Pilih batu berwarna putih atau krem untuk kesan elegan, sedangkan untuk kesan mewah bisa mencoba batu granit hitam.

5. Keramik motif di dinding kamar mandi

Desain Kamar Mandi Minimalis Kecil
@fotoaibe

Cara paling mudah mendesain kamar mandi adalah dengan bermain dengan keramik. Pilihlah warna dan corak keramik yang disesuaikan dengan suasana atau mood yang sedang ingin dibangun. Kamar mandi kecil bisa terlihat lebih luas dengan pemilihan keramik motif yang tepat.

Jika memiliki kamar mandi berukuran 1×2 meter cobalah menambahkan keramik motif dengan ukuran lebih besar. Pemilihan keramik motif dengan ukuran lebih besar bisa membuat kamar mandi otomatis terlihat jauh lebih besar. Tapi perhatikan kembali keramik motif ini harus senada dengan keramik standar yang sudah dipakai.

6. Lantai kamar mandi

via @PDImage-17

Selain dinding kamar mandi, Anda juga bisa mengubah lantai kamar mandi sesuai dengan mood atau suasana yang ingin dibangun. Daripada menggunakan keramik yang membosankan, cobalah untuk mencari keramik dengan model kekinian. Misalnya keramik dengan bentuk hexagonal atau tidak ada salahnya memilih keramik dengan motif mozaik.

Baca ini juga: Tips Menata Kamar Tidur Minimalis!

7. Manfaatkan ruang di bawah wastafel

via @quark-studio

Sama halnya dengan mendesain ruang sempit lainnya, Anda dituntut untuk bisa memanfaatkan tiap sudutnya. Satu sudut kamar mandi yang sering terlupakan adalah ruang di bawah wastafel. Kebanyakan orang memilih menutup area ini dengan menambahkan lemari kecil. Tapi sayangnya lemari kecil ini kadang malah tidak dimanfaatkan dengan baik.

Daripada menutupnya dengan lemari, lebih baik tambahkan ambalan yang dijadikan rak. Hal ini membuat kamar mandi terlihat lebih luas dan bersih. Cara ini juga bisa menjaga kebersihan kamar mandi karena lemari dengan pintu kebanyakan malah tidak terawat.

Sumber: Space Stock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *